Senin, September 16, 2013

Travelling is not just a travelling, - Lelaki

Travelling itu bukan sekedar menikmati perjalanan yang seru, pemandangan yang indah, dan pengalaman yang berbeda. Menurut saya, tiap kali jalan, keluar dari rumah atau kost (seperti saat ini), saya bisa belajar, merenung dan berkaca.
Tentang apa?
Tentang apa saja...

Enaknya naik kereta kelas bisnis itu,  nggak perlu desak-desakkan (baru tau ternyata kereta ekonomi sekarang sudah nggak kayak dulu lagi) namun beberapa pedagang diperbolehkan masuk (hampir di setiap stasiun) untuk menawarkan dagangan, terutama makanan. Jadi kita nggak perlu ngebawa banyak bekal. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, kisaran Rp.3000-10.000. Lumayan kan?

Menikmati kuliner khas tiap stasiun, sekalian juga ngebantuin bapak-bapak pedagang itu. Kok ngebantuin?

Iya, kadang prihatin jam 1 dini hari pun mereka masih giat bekerja, menawarkan dagangan. Terbayang kan di pundak mereka, ada banyak beban hidup mereka tanggung.Tagihan SPP anak-anak yang masih bersekolah, biaya makan sehari-hari, kontrakan rumah, dan bagaimana jika anak istri sedang sakit. Kadang ngebayangin mungkin di siang hari mereka juga bekerja. Entah sebagai kuli bangunan, tukang ojek, tukang becak, atau apapun, dan di malam hari menjajakan dagangan. Nggak terbayang kelelahan yang harus mereka rasakan.

sumber: tribunnews.com

Jadi inget bapak di rumah. Tiap lihat bapak-bapak seperti ini, selalu terharu, ngerasa berdosa, sering ngeluhin keinginan orang tua.

Menjadi wanita yang kelak akan menjadi seorang ibu, (tampaknya) memiliki tanggung jawab yang berat. Tapi lihatlah seorang lelaki, di antara sifat-sifat kelelakiannya yang kadang menyakiti wanita, juga memiliki tanggung jawab yang sangat berat. Bahkan bukan hanya tanggung jawab mencukupi kebutuhan duniawi anak istri, tapi juga tanggung jawa terhadap amalan anak istri di akhirat nanti.

Duhai para istri, anak gadis, dan adik perempuan, lihatlah suami, ayah, dan kakak laki-lakimu. Mereka sangat layak untuk selalu kita hormati (ngomong sama diri sendiri ^_^).

I love bapak, kakak, dan tentu suami saya nanti. :)

Surabaya, 15 September 2013.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar