Senin, September 16, 2013

My First Paper Quilling

18 Agustus 2013

Bulan Ramadhan kemarin, sewaktu ngabuburit sendirian di Togamas dekat kos, secara nggak sengaja saya nemu buku yang menarik dari covernya. Kebetulan satu buku itu sudah nggak  bersampul, jadi bisa dengan leluasa membacanya.

Tentang paper quilling. Saya lupa judul buku tersebut. Kedengerannya asing tapi menarik. Sekilas baca-baca (lebih tepatnya perhatiin gambar sih, :) ) karena khawatir ditegur petugas, kelihatannya ini kerajinan yang seru. Berhubung budget saya di dompet dan di ATM sudah menipis, saya urung membeli buku itu. Karena saya sudah fix untuk membeli buku Berani Mengubah-nya Pandji.

Hmm...paper quilling. Apa itu Paper Quilling?
Karena penasaran, saya berselancar mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai paper quilling ini.

Apa itu Paper quilling?


Jadi intinya paper quilling itu adalah salah satu seni menggunakan kertas dengan cara digulung, dibentuk dan direkatkan menjadi sebuah desain yang dekoratif. 

Berbeda dengan origami yang berasal dari Jepang, seni ini awal mulanya berasal dari Eropa yang dikenal dengan filigree atau roll work. Para biarawan Italia dan Prancis memanfaatkan seni ini untuk membuat ornamen untuk hiasan di acara keagamaan. terus berkembang hingga ke Inggris, dan Amerika, paper quilling tidak terbatas untuk ornamen religi  saja tapi sudah dapat dimanfaatkan untuk menghias berbagai macam benda.

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai paper quilling sebenarnya sangat sederhana, tetapi cukup terbatas untuk diperoleh secara langsung. Jadi saya membeli by online.

Dan minggu kemarin, paket orderan saya yang berisi perlengkapan basic quilling sampai dengan selamat ke tangan saya. Wah, senangnya. Tanpa babibu saya bongkar dan langsung berkreasi.

Dari pukul 01.00 siang hingga 10.00 malem tangan dan otak saya gatel mikirin quilling ini. Dan jadilah beberapa kreasi sederhana saya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar